Saturday, November 24, 2012

Mazda 2 Review Indonesia

JAKARTA, 19 Juni 2012 — Selubung warna merah yang menutupi tampilan baru Mazda2 bikin saya penasaran. PT Mazda Motor Indonesia (MMI), pemegang merek Mazda di Indonesia, meluncurkan New Mazda2 di Atrium Pondok Indah Mall 2, Jumat, 15 Juni 2012 lalu. Saya dan beberapa rekan sempat berdiskuasi apa kira-kira yang akan dilakukan Mazda pada jagoannya di segmen hatchback itu.
“Sebenarnya tak perlu mendandani Mazda2 macam-macam. Toh, dari aslinya mobil ini sudah tampil sporty,” kata seorang teman. “Biasanya kalo facelift, paling bumper, grill, velg, itu yang didesain baru,” timpal teman yang lain.
Ketika hadir pertama kali, 25 November 2009, Mazda2 cukup menyita perhatian konsumen mobil sedan tanpa pantat ini. Maklum, biasanya jika bicara hatchback, maka yang ada di benak kita adalah Honda Jazz atau Toyota Yaris.

Selain itu, banyak pemain lain seperti Suzuki Swift, Chevrolet Aveo, Nissan Livina, atau Hyundai i20. Belakang juga muncul Ford Fiesta dan Hyundai Grand Avega yang juga tak kalah menyita perhatian.
Toh, Mazda2 mampu memberikan warna lain. Tampilannya yang beda menjadi alternatif, apalagi warna hijau ngejreng-nya — Mazda mengistilahkannya Spirited Green Metallic — membuat mobil ini gampang dikenali. Kini, setelah 3 tahun, Mazda melakukan penyegaran tampilan Mazda2.
“New Mazda2 lahir dari pemahaman kami yang dalam terhadap kebutuhan konsumen. Mobil ini tampil sporty, stylish, dan dilengkapi dengan berbagai fitur yang menjadikan New Mazda2 menyenangkan untuk dikendarai,” kata Presiden Direktur PT MMI Keizo Okue sesaat setelah membuka selubung.
Apa saja perubahannya?
EKSTERIOR
New Mazda2 tetap hadir dalam 3 tipe yaitu tipe V — yang merupakan upgrade dari tipe S — (transmisi manual dan otomatis), tipe R (transmisi manual dan otomatis), dan tipe RZ terbaru (transmisi otomatis).
Dari tampilan luar, jika diperhatikan sekilas tak banyak perubahan. Bumper, grill, lampu kabut tetap sama. Namun ada satu bagian yang membuat Mazda2 baru ini langsung dikenali yaitu di bagian lampu utama atau headlight. Lampu depan Mazda2 kini menggunakan reflective headlamps pada tipe V dan projector headlamps pada tipe R dan RZ.
Kaca spion dengan lampu signal yang sebelumnya merupakan fitur opsional pada Mazda2, menjadi fitur standar pada tipe R dan RZ. Sedangkan di bagian buritan, sensor parkir dan bumper reflector juga terpasang di semua tipe New Mazda2.
Sedangkan ban menggunakan ukuran 15 inci (tipe V) serta 16 untuk dua tipe lainnya (R dan RZ).
Tak banyak berubahnya tampilan luar Mazda2 dijelaskan Bonar Pakpahan, Produk Planner PT MMI. “Rata-rata konsumen sudah puas dengan tampilan Mazda2,” kata dia. “Kalaupun ada yang melakukan modikasi, lebih ekstrim mereka mencari di
after market.”
 
INTERIOR
Nah, masuk ke bagian dalam, perubahan yang dilakukan Mazda lumayan banyak. Berbeda dengan Mazda2, setir kemudi pada tipe R dan RZ dibalut dengan bahan kulit untuk meningkatkan kemantapan berkendara.
Perubahan lain tampak pada meter cluster yang sebelumnya berwarna dasar putih kita berganti hitam. Cincin kisi AC yang sebelumnya berwarna silver diganti warna gelap. Plus desain head unit juga baru di semua tipe.
Fitur-fitur lain meliputi AC, power mirrors, pengunci pintu dan power windows dengan jam-safe mechanism, termasuk remote keyless entry, dan start engine knob. Semua tipe New Mazda2 bertransmisi otomatis dilengkapi dengan speed sensitive auto door lock system yang akan mengunci pintu secara otomatis ketika kendaraan melaju pada kecepatan tertentu.
Untuk memenuhi kebutuhan pengguna Mazda2 yang rata-rata berusia muda, semua tipe New Mazda2 dilengkapi dengan tombol entertainment system yang terletak pada setir kemudi sehingga memudahkan dalam memilih jenis hiburan yang diinginkan.
“Pada tipe tertinggi, yaitu RZ, terdapat fitur internet browser dan Global Positioning System (GPS) yang terpasang di dalam Smart Entertainment System. Ini untuk memenuhi generasi gadget,” kata Bonar.


MESIN
Sektor mesin tidak mengalami perubahan dibandingkan model sebelumnya. Mazda2 tetap mengandalkan mesin MZR 1.5L inline 4 cylinders DOHC 16 valve with S-VT (Sequential-Valve timing) and ETC (Electronic Throttle Control).
Mesin ini menghasilkan tenaga 76 kW (103 ps) pada 6.000 rpm dan torsi 135 Nm (13.76 kgm) pada 4.000 rpm. Memang tak segalak Honda Jazz atau Toyota Yaris namun cukup mumpuni untuk mengggerakkan mobil ini.
Urusan mesin memang tak terlalu membutuhkan perubahan. Rata-rata hatchback di Indonesia bermain di mesin berkapasitas 1.5L. Meski ada juga yang memilih menggunakan mesin 1.4L atau 1.6L seperti Ford Fiesta.
Soal fitur keamanan rasanya tak perlu banyak dibahas. Mobil — satu-satunya hathcback — yang dinobatkan sebagai World Car of the Year pada 2008 ini dilengkapi fitur keamanan lengkap. Advanced front air bags pada sisi pengemudi dan penumpang, Antilock Brake System (ABS) dengan Electronic Brakeforce Distribution (EBD) dan Emergency Brake Assist (EBA).
Selain itu, Mazda juga menggunakan ‘Triple H’ safety construction & Mazda Advanced Impact Distribution and Absorption System (MAIDAS) body structure.
Fitur lainnya?
Anda minat dengan Mazda 2, silahkan kunjungi dealer Mazda 2 resmi Semarang yang ada ditempat kami. Agar kami bisa menjelaskan secara terperinci mengenai fitur, spesifikasi, rincian kredit, cashback, dll
Mazda 2 pilhan Anda yang berjiwa muda energik penuh tantangan, Dealer Mazda 2 (two) Semarang menyediakan berbagai pilihan warna yang sesuai selera Anda.

1 comments:

  1. Mazda 2 nya keren banget warna merah nya bagus cocok buat saya mas.

    ReplyDelete

Silahkan Anda berkomentar, tapi sesuai topik judul dan tema nya ya,...Maaf jika tidak bisa saya tampilkan apabila bertolak belakang dengan tema dan judul.

Salam Hormat Kami
SALES MARKETING
ROY ZAKKI
Telp atau SMS
024 70-185-499
083-84-22-78-725
PIN BB 297A2DE2
mazdasemarang@yahoo.com
Mazda Semarang

 
close
marketing-mobil-wuling